Lima Macam Penyakit Kelamin Pria

Lima Macam Penyakit Kelamin Pria ada beraneka ragam, dari yang ditularkan melalui hubungan intim, hingga yang diturunkan dari generasi ke generasi. Beberapa penyakit yang sering didengar menyerang kelamin pria adalah HIV/AIDS, penyakit raja singa, gonorrhea, kanker prostat, prostatitis, herpes pada alat reproduksi, hingga impotensi. Sebagian besar penyakit tersebut ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak sehat seperti gonta-ganti pasangan atau hubungan intim tanpa pengaman. Meski sudah banyak yang mengetahui bahayanya, namun hanya sedikit yang mengetahui gejala dan ciri dari penyakit-penyakit tersebut. Nah, artikel ini akan membahas secara khusus tentang 5 penyakit kelamin laki-laki yang paling sering diderita.
Berikut beberapa penyakit yang bisa menyerang pria:
  1. Penyakit satu ini tidak hanya menyerang kaum pria saja, kaum wanita juga dapat tertular. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae gonokokal, letaknya di daerah sekitar rahim (untuk perempuan) dan di uretra untuk laki-laki. Penyakit ini mudah ditularkan melalui hubungan seksual dan dapat juga ditularkan oleh seorang ibu yang menderita kepada bayi yang dilahirkannya. Jika tidak segera diobati, penyakit ini akan menyebabkan masalah yang lebih serius.
  2. Sejenis penyakit menular seksual lainnya adalah sifilis atau penyakit raja singa. Adalah bakteri Treponema palladium yang menjadi penyebab dari penyakit ini. Penyakit ini terbilang mudah ditularkan melalui hubungan intim, baik heteroseksual maupun homoseksual. Semakin sering berganti pasangan, faktor risiko terjangkit bakteri Treponema palladium akan semakin besar. Untuk itu, jalan satu-satunya untuk mencegah terjangkitnya penyakit ini adalah menjaga kesehatan seksual Anda. Meski memang penyakit ini bisa diturunkan langsung oleh ibu kepada anak yang dilahirkannya.
  3. Salah satu penyakit kelamin pria yang umum terjadi adalah herpes. Sama dengan 2 penyakit sebelumnya, herpes yang menyerang alat kelamin ini juga mudah ditularkan melalui hubungan seksual. Adalah infeksi virus herpes simpleks 2 atau HSV-2 yang menjadi penyebab umum dari penyakit herpes pada area kelamin pria. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dicegah dan dikontrol saja. Penyakit ini ditandai dengan adanya lecet pada area kelamin. Namun untuk memperjelas benarkan virus yang diderita adalah herpes, perlu dilakukan tes darah atau uji sampel luka pada area genital.
  4. Ini merupakan penyakit yang paling serius. Tak hanya lelaki, perempuan pun bisa menderita penyakit ini. penyakit yang disebabkan oleh virus HIV ini tidak memberikan gejala yang nyata sehingga kadang susah didiagnosa. Kebanyakan penderita akan meninggal setelah 10 tahun menderita penyakit mematikan ini. Selain ditularkan melalui hubungan intim, virus ini juga dapat ditularkan melalui pemakaian jarum suntik berkali-kali dan bersama-sama.
  5. Penyakit kelamin pria lainnya adalah kutil. Penyakit ini diawali dengan benjolan kecil di alat kelamin dan dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Setelah berhubungan seksual dengan penderita kutil kelamin, sekitar sebulan hingga setahun bisul akan terlihat.
Itulah 5 macam penyakit yang bisa menyerang pria, so jaga esehatan alat vital kita biar tidak terjangkit ya!

Related Posts:

0 Response to "Lima Macam Penyakit Kelamin Pria"

Posting Komentar